About Windows 2000 server

About Windows 2000 server

 Windows 2000 server


Windows 2000 server merupakan kelanjutan teknologi Windows NT Server 4.0 dengan berbagi fasilitas baru yang semakin memudahkan pengelolaan jaringan. Keluarga server Windows 2000 terdiri dari 3 jenis yaitu versi standar (server), Advance server, dan Data Center Server. Windows 2000 server memiliki semua kemampuan yang ada pada versi Profesional ditambah sebagai file dan print server, aplication server, web server, maupun comunication server. Fasilitas penting yang dimiliki versi ini antara lain:
1.      Dukungan untuk penggunaan 2 processor bila di instal dengan mode clean install, atau 4 processor apabila instalasi dilakukan dengan mengupgrade Windows NT server.
2.      Active directory Service untuk memudahkan pengelolaan sumberdaya dan obyek jaringan
3.      Sistem keamanan jaringan menggunakan kerberos dan public key infrastructure.
4.      Internet Conection Sharing. Web Server dengan menggunakan Internet Information Service versi 5.0
5.      Windows Terminal Service untuk memudahkan administrasi jaringan dan pemanfaatan hardware komputer lama sehingga dapat digunakan untuk berbagai aplikasi baru.
6.      Dukungan penggunaan RAM hinga 4 GB

Fungsi Windows 2000 Server
Seperti telah kita ketahui sebelumnya bahwa Sistem operasi Windows 2000 Server digunakan untuk komputer server, dan bertugas mengatur dan melayani semua Client. Dan selain melayani client dalam berbagi sumber daya juga menyediakan layanan DNS, WEB, FTP, DHCP, dan E-Mail Server
DNS Server adalah sebuah sistem yang menyimpan informasi tentang nama host maupun nama domain dalam bentuk basis data tersebar (distributed database) di dalam jaringan komputer, misalkan: Internet. DNS menyediakan alamat IP untuk setiap nama host dan mendata setiap server transmisi surat (mail exchange server) yang menerima surat elektonik (email) untuk setiap domain.
DNS menyediakan servis yang cukup penting untuk Internet, bilamana perangkat keras komputer dan jaringan bekerja dengan alamat IP untuk mengerjakan tugas seperti pengalamatan dan penjaluran (routing), manusia pada umumnya lebih memilih untuk menggunakan nama host dan nama domain, contohnya adalah penunjukan sumber universal (URL) dan alamat e-mail. DNS menghubungkan kebutuhan ini.
Jadi kesimpulannya, DNS mengubah angka alamat ip menjadi nama domain agar mudah untuk diingat.
Web server adalah sebuah perangkat lunak server yang berfungsi menerima permintaan HTTP atau HTTPS dari klien yang dikenal dengan browser web dan mengirimkan kembali hasilnya dalam bentuk halaman-halaman web yang umumnya berbentuk dokumen HTML. Server web yang terkenal diantaranya adalah Apache dan Microsoft Internet Information Service (IIS). Apache merupakan server web antar-platform, sedangkan IIS hanya dapat beroperasi di sistem operasi Windows.
FTP adalah protokol standar untuk pentransferan data komputer antar mesin-mesin dalam sebuah jaringan. Jadi FTP Server adalah sebuah server Ftp yang menyediakan data yang bisa diakses oleh client.
DHCP Server adalah adalah protokol yang berbasis arsitektur client/server yang dipakai untuk memudahkan pengalokasian alamat IP dalam satu jaringan. DHCP Server menyediakan pengisian alamat ip kepada semua client dengan teratur, dan tidak akan terjadi  tabrakan Ip atau Ip conflict
  •   E-Mail Server
Windows 2000 Server dapat juga digunakan sebagai E-mail server dengan menggunakan berbagi software tambahan antara lain Microsoft Exchange, Lotus Notes, maupun M daemon. Fungsi E-mail server dapat diadlogikan dengan kantor pos dalam sistem surat menyurat konvensional.

0 comments:

Posting Komentar

Pasti punya email kan??

Masukan Email Anda, untuk mendapatkan info terbaru dari blog ini.

Recent Post

Ada kesalahan di dalam gadget ini

Followers